Home » , , , , , , » Penanaman Terumbu Karang Pantai So Numbe

Penanaman Terumbu Karang Pantai So Numbe

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2018 | 06.20



Terumbu karang merupakan bagian dari ekosistem biota laut dan menjadi rumah bagi para ikan. Kehadiran terumbu karang justru membawa dampak baik bagi nelayan karena dengan sendirinya ikan-ikan akan berdatangan dan menjadikan terumbu karang sebagai tempat tinggalnya. Adanya terumbu karang menjadikan daya tarik tersendiri yang membuat para pendatang mengagumi keindahannya.

Hampir sekitar 70% terumbu karang dihuni oleh berbagai jenis ikan. Ikan-ikan yang menghuni terumbu karang biasanya didominasi oleh ikan kerapu, ikan-ikan yang memiliki daya jual tinggi bahkan tidak jarang ikan pari pun menjadikan terumbu karang sebagai tempat berlindung. Keadaan ini justru menguntungkan dan memudahkan bagi nelayan karena dapat dengan mudah mendapatkan ikan tanpa harus melaut sampai ke tengah lautan.

Ada sekitar 85.000 km2 yang menjadi kawasan terumbu karang di Indonesia. Hampir seperdelapan dari total terumbu karang yang ada di dunia, terdapat di Indonesia. Sayangnya, berdasarkan hasil penelitian para ahli dari sekitar 371 kawasan observasi terumbu karang hanya 6,2% saja kawasan terumbu karang yang masih dalam kondisi sangat baik, sementara sisanya butuh perhatian ekstra untuk segera direstorasi.

Restorasi dapat dilakukan dengan upaya penanaman terumbu karang dengan cara yang tepat. Restorasi adalah upaya pemulihan sebuah ekosistem yang menurun, rusak atau hancur. Penanaman terumbu karang yang rusak dapat dilakukan melalui proses transplantasi karang.

Kami Milanisti Indonesia Sezione Bima bekerjasama dengan Komunitas Kopa Mbojo melaksakan penanaman/transplantasi terumbu karang di pantai Sonumbe Kota Bima.












Share this article :

Posting Komentar

#ForzaMilan

 
Support : Mbojo Network | Timnas Indonesia | tofifoto
Copyright © 2011. Milanisti Indonesia Sezione Bima - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger